Java Sebagai Bahasa Pemrograman Fleksibel


Java Sebagai Bahasa Pemrograman Fleksibel


     Di era teknologi yang sudah maju seperti ini siapa yang tidak mengenal aplikasi? Aplikasi saat ini sudah banyak tersedia, tidak hanya terbatas pada satu aspek saja melainkan sudah menjamur di banyak aspek seperti sosial, berita, permainan, dan masih banyak lagi. Pembuatan sebuah aplikasi juga tidak terlepas hanya pada sebuah bahasa pemrograman saja. Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat sebuah aplikasi seperti Java, C++, Visual Basic, dan masih banyak lagi.
        Bahasa pemrograman Java sebagai salah satu bahasa pemrograman yang fleksibel membuatnya menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk membuat sebuah aplikasi. Bahasa pemrograman ini tidak hanya dapat berjalan di sistem operasi Windows saja, tetapi juga mampu berjalan di Linux bahkan Macintosh dengan syarat terdapat program Java Runtime Environment pada sistem operasi yang akan menjalankan program Java. Banyak perangkat yang sudah menggunakan Java sebagai sistem operasinya salah satu contohnya adalah telepon genggam. Selain mampu berjalan di lebih dari satu sistem operasi tentunya terdapat beberapa kelebihan lain dari bahasa pemrograman Java.
Kadir (2005:2) menyatakan bahwa “Java juga mendukung aplikasi klien/server, baik dalam jaringan lokal (LAN) maupun jaringan berskala luas (WAN)”.
Selain mampu mendukung aplikasi antar jaringan, Java juga merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada suatu objek.
... Java juga merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek ...” (Kadir, 2005:4).
    Tidak seperti pemrograman yang bersifat terstruktur, Java dengan mengusung konsep berorientasi objek menjadikannya menjadi bahasa pemrograman yang memudahkan kita mengetahui jika terdapat kesalahan pada program yang kita buat. Dengan beberapa kelebihan Java yang telah dipaparkan dalam artikel ini, siapkah kita beralih ke bahasa pemrograman Java? Bahasa pemrograman yang fleksibel mampu berjalan di berbagai jenis sitem operasi, mampu mendukung aplikasi klien/server hingga jaringan berskala luas, dan juga merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, maka banyak juga aplikasi variatif yang dapat kita ciptakan menggunakan bahasa pemrograman populer ini.




0 komentar:

Posting Komentar

Komentar

Masukkan kritik & saran anda
 
BAPER BAGI INFO © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score